Gula Merah Berkualitas Makassar



proses pembuatan gula jawa,jual gula aren bubuk,jual beli gula aren,gambar gula merah,agen gula aren,gula merah menu,beli gula aren asli,gula palm,jual gula semut aren,proses pembuatan gula,pengertian gula aren,pasar gula aren,harga gula aren asli,jual gula jawa,gula merah harga,kue gula merah,gula kawung asli,gula semut,harga gula aren per kilo,jual gula batu asli,manfaat gula aren untuk kecantikan,jual gula aren semut,jual gula aren asli,fungsi gula merah,harga gula merah cilacap,gula aren bubuk,proses pembuatan gula merah,harga gula aren di pasaran,cara membuat gula merah kental,apa itu gula aren,harga gula aren bubuk,khasiat gula merah untuk kesehatan,kandungan gula aren,daftar harga gula merah,manfaat gula aren untuk kesehatan,harga gula merah,cara membuat gula aren,gula merah terbuat dari apa,manfaat gula merah untuk diabetes,manfaat gula,harga gula seperempat,beli gula merah,manfaat gula jawa,cara pembuatan gula merah,produksi gula aren,manfaat gula merah,gula yang baik untuk kesehatan,gula aren asli,cara pembuatan gula,roti kukus gula merah,pengepul gula semut,manfaat gula aren,jual gula merah,jual gula aren cair,gula semut aren,ciri gula aren asli,kopi gula merah,pabrik gula merah,jual gula aren,gula merah untuk diet,harga gula jawa,gula merah cair,distributor gula semut,cara membuat gula jawa,,harga gula semut aren 2015,,harga gula semut,komposisi gula aren,grosir gula merah,mesin pembuat gula merah,cara pembuatan gula aren,produksi gula merah,bisnis gula aren,jual gula palem,harga gula jawa per kg,kemasan gula aren,distributor gula merah,gula merah asli,harga gula sekarang,gula aren diabetes,gula batok,jual gula merah sachet,usaha gula merah,daerah penghasil gula aren di jawa tengah,khasiat bawang merah,harga 1 kg gula merah,agen gula merah,jual gula,daun salam,bawang merah bawang putih,gula merah,gula kelapa,jual gula aren murah,cara membuat agar agar gula merah,gula aren semut,gula merah sachet,gula pasir,gula halus,promo gula,produsen gula merah,harga gula aren,pembeli gula semut,supplier gula merah,daftar harga gula merah terbaru,proses pembuatan gula aren,resep bolu kukus gula merah,cetakan gula merah,gula aren untuk penderita diabetes,gula merah batok,pabrik gula aren,gula merah bubuk,bawang merah,bawang merah dan bawang putih,pabrik gula semut
Gula merah atau disebut jsuga dengan nama gula jawa, merupakan gula yang terbuat dari getah atau cairan dari tanaman tertentu yang cukup banyak mengandung gula. Sekarang ini ada banyak sekali bahan yang bisa dijadikan gula, seperti tebu, aren, kelapa sawit serta kurma. dan saat ini kami memproduksi gula merah dengan bahan aren. Karena di daerah produksi kami memiliki pohon aren yang melimpah sehingga untuk memanfaatkan sumber daya alam yang ada di daerah tersebut, selain itu gula merah dengan bahan aren memiki manfaat sebagi berikut :
1.      Mengandung serat
Gula merah mengandung lebih banyak serat, jika dibandingkan dengan gula putih. Setelah getah maupun cairan dikumpulkan akan langsung diproses sampai berubah menjadi kental. Setelah mengental, gula merah ditempatkan dalam wadah dan kemudian disimpan. Sementara gula putih harus melalui proses penghalusan, Semakin halus bentuknya maka seratnya akan semakin berkurang.

2.      Kaya akan mineral
Ada begitu banyak mineral yang terkandung dalam gula merah. Semakin gelap warna dari gula merah, maka kandungan mineralnya juga semakin banyak. Gula merah mengandung banyak sekali zat besi dan selenium yang baik untuk kesehatan.

3.      Baik untuk kesehatan
Karena gula merah mengandung serat, maka gula merah lebih baik dari pada gula biasa. Gula putih mampu meningkatkan kadar gula darah dengan sangat cepat. Sementara gula merah perlu waktu yang lebih lama untuk diproses, sehingga tidak mempengaruhi kadar gula darah.
4.      Membersihkan saluran pernapasan
Sejak zaman dahulu gula merah digunakan untuk memperbaiki dan membersihkan lendir berlebihan pada saluran pernapasan, tenggorokan serta paru-paru di India. Gula merah juga digunakan sebagai bahan baku ramuan untuk mengobati pilek dan batuk.
5.      Memiliki efek mendinginkan tubuh
Gula merah yang terbuat dari aren memiliki efek mendinginkan tubuh secara alami. Di India gula merah sering dilarutkan dengan air dan diminum secara rutin selama musim panas. Cara seperti ini dipercaya secara turun temurun mampu mendinginkan tubuh.
6.      Meningkatkan suhu tubuh
Ketika ramuan dari gula merah diminum pada musim dingin, justru mampu meningkatkan serta menghangatkan tubuh. Hal ini terjadi karena kandungan glukosa dalam gula merah merangsang metabolisme tubuh, sehingga suhu tubuh ikut meningkat.
7.      Mendinginkan perut
Selain digunakan sebagai pemanis, gula merah juga dapat mendinginkan sekaligus menenangkan perut. Anda bisa melarutkan gula merah dengan air hangat dan diminum secara rutin. Hal cocok sekali untuk mengurangi kram maupun nyeri pada bagian perut.
8.      Memiliki efek menenangkan tubuh
Gula merah juga memiliki efek menenangkan tubuh. Gula merah mengandung mineral selenium yang cukup tinggi. Mineral selenium dapat melemaskan otot maupun saraf dalam tubuh kita, sehingga membuat kita merasa lebih rileks. Mengkonsumsi gula merah pada malam hari sebelum tidur juga mampu mencegah terjadinya insomnia.
9.      Rendah kalori
Meskipun memiliki rasa yang manis, gula merah mengandung sedikit kalori. Kandungan kalori gula merah lebih rendah daripada gula biasa. Gula pasir mengandung glukosa dalam bentuk yang sangat sederhana, sehingga mudah sekali diserap oleh tubuh. Gula merah mengandung glukosa dalam bentuk yang lebih padat, sehingga lebih lambat untuk diserap.
10.  Kaya zat besi
Gula merah mengandung banyak zat besi yang penting sekali artinya dalam proses pembentukan sel darah merah. Tingginya kadar zat besi dalam tubuh kita, nantinya akan mencegah terjadinya penyakit anemia maupun darah rendah.
11.  Mencegah kanker
Gula merah juga mengandung berbagai senyawa yang bersifat antioksidan alami. Antioksidan sangat dibutuhkan dalam mengurangi kadar radikal bebas dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi gula merah secara rutin, maka anda akan terhindar dari kanker maupun penuaan dini.
12.  Baik untuk ibu-ibu setelah melahirkan
Kebanyakan para ibu-ibu yang usai melahirkan akan dianjurkan untuk mengkonsumsi gula merah. Gula merah mampu memberikan energy yang cukup untuk memulihkan tenaga serta mempercepat proses penyembuhan setelah melahirkan. Selain itu gula merah juga mampu mencegah terjadinya pembekuan darah. Namun sebaiknya jangang mengkonsumsi gula merah secara berlebihan.
13.  Mencegah kram
Kandungan selenium dalam gula merah juga mampu mencegah serta mengurangi kram. Hal ini tentunya sangat baik sekali untuk mencegah serta mengurangi kram pada wanita yang sering mengalami kram maupun nyeri saat menstruasi.
14.  Meningkatkan kekebalan tubuh
Karena rasanya yang manis, maka gula merah mampu meningkatkan suhu tubuh. Tubuh yang lebih hangat nantinya akan membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar, mengurangi nyeri dan ikut memperkuat limpa. Hal ini nantinya akan meningkatkan kekebalan tubuh secara alami.
15.  Mengandung niacin
Gula merah juga mengandung mineral niacin yang penting sekali artinya bagi kesehatan. Niacin mampu menstabilkan kadar kolesterol dalam tubuh kita, sehingga nantinya akan ikut memperbaiki kerja dari organ jantung. Selain itu niacin juga ikut menjaga kesehatan kulit serta kesehatan system pencernaan. niacin juga ikut berperan dalam mencegah terjadinya bibir pecah-pecah maupun sariawan.
16.  Sumber energy tubuh
Gula merah mengandung sedikit kalori, namun cukup untuk memberikan tambahan energy yang kita butuhkan ketika cadangan energy dalam tubuh kita telah habis. Ketika kita mulai merasa lelah, ada baiknya untuk mengkonsumsi gula merah untuk meningkatkan cadangan energy dalam tubuh kita.
Itulah diatas kandungan yang bermanfaat dengan olahan aren manjadi gula merah yang menjadi salah satu alasan kami untuk mengembangkan bisnis gula merah ini. Ketika melihat fakta di pasar tentang konsumsi gula merah ini, ternyata gula merah ini banyak di sukai oleh para turis yang dia gunakan untuk sebagai bahan pemanis kopi atau teh mereka, bahkan meraka rela membayar mahal hanya untuk mendapatkan gula merah bahan aren tersebut untuk memenuhi keinginannya dalam menikmati secangkir kopi atau tehnya.
Untuk lebih meyakinkan, kami akan memperkenalkan pengepul kami yang menjadi jasa produk gula merah
kami gula merah makassar merupakan pengepul dan supplier gula semut organik dari Makassar yang siap mendistribusikan gula semut organik keseluruh Indonesia. Kami menyediakan gula semut organik untuk kemasan retail maupun kemasan curah 20 kg an dengan packing kardus. 

Organic Coconut Sugar sangat bagus untuk pengganti gula biasa karena memiliki memiliki Glycemic Index (GI) yang rendah, yaitu 35, jauh di bawah gula putih (85-93), gula Aren (70) dan madu (55). Secara sederhana, GI dapat dikatakan sebagai tingkatan atau rangking pangan menurut efeknya terhadap kadar glukosa darah. Semakin rendah GI pangan, semakin lamban peningkatan glukosa dalam darah yang dihasilkan. Hal itu berarti gula darah menjadi stabil, mencegah penyakit diabetes dan obesitas, dan juga lebih aman bagi penderita diabetes, obesitas, dan autis. Jumlah kalori pada gula kelapa di dalam adonan kue pun lebih rendah hingga 30% dibandingkan dengan gula putih.


Proses Penyadapan Nira Aren
1.      Hal pertama yang dilakukan dalam proses penggambilan nira adal dengan memukul-mukul batang dari mayang nira (dalam istilah jawa sering disebut malu), hal ini dilakukan agar nantinya mayang yang dipotong bisa mengeluarkan nira dan batangnya tidak terlalu keras untuk diiris menggunakan pisau sadap. Hal ini dilakukan sedikitnya 5 kali dalam kurun waktu 3 minggu.
2.      Memotong (dalam adat jawa sering disebut dengan magas) Tandan mayang yang sudah dipukul-pukul beberapa kali, lalu dipotong pada ujung bunganya dan menyisakan pangkal yang nantinya akan disadap untuk menghasilkan nira. Setelah dipotong biasanya oleh para petani dibiarkan selama semalam dan barulah keesokan harinya jika potongan terlihat basah dan mengeluarkan cairan berarti hal itu bisa dilakukan penyadapan secara kontiyu. Namun bila ditunggu sampai maksimal 2 hari pokok dari bunga mayang yang dipotong tidak mengeluarkan cairan berarti gagal dan tidak perlu dilanjutkan penyadapan.
3.      Seperti telah dijelaskan di point yang ke 2, bila tandan mayang yang dipotong mengeluarkan cairan berarti proses penyadapan bisa dilanjutkan. Proses menyadap nira aren dilakukan setiap pagi dan sore hari hal itu dilakukan dengan cara mengiris tangkai bunga mayang sedikit demi sedikit, setelah diiris cairan yang keluar dari tangkai mayang akan ditampung menggunakan bambu yang panjangnya sekitar 3 ruas bamboo
4.      Setiap pohon aren mempunyai karakteristik yang berbeda-beda, ada yang bisa disadap sampai 5 bulan namun ada juga yang cuma bisa disadap sampai 2 bulan saja. Dan hasil dari tiap-tiap pohonnya pun berbeda-beda ada pohon aren yang bisa mengeluarkan nira sangat banyak namun begitu juga sebaliknya
Setelah nira dikumpulkan pada pagi dan sore hari barulah dilakukan pengolahan nira dengan cara direbus sampai mndidih agar bisa diproses menjadi gula aren yang siap untuk dijual maupun dikonsumsi. Mengenai proses pengolahan gula aren akan saya bahas pada artikel berikutnya.
Demikian proses pengambilan nira aren, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang kekayaan alam dan produksi lokal dari Negeri kita Indonesia tercinta ini. Mohon maaf bla banyak salah kata.

Ini mesin yang digunakan untuk mengelolah gula merah. Seluruh komponen yang bersentuhan dengan bahan yang diolah terbuat dari stainless steel.
TANGKI NIRA
Tangki nira dengan volume 590 liter berfungsi untuk menampung sementara nira yang baru disadap sambil menunggu diproses lebih lanjut. Nira dalam tangki disirkulasikan dan dipanaskan dalam economizer yang berada di dalam cerobong asap. Dengan demikian, nira dalam tangki akan menjadi panas selama proses penguapan nira pada evaporator. Setelah selesai pemasakan nira dalam evaporator dan gula siap dicetak, nira dalam tangkipun sudah siap diolah lebih lanjut dalam dengan kondisi sudah panas. Dengan demikian pemguapan/pemasakan nira akan lebih cepat.
TUNGKU
Tungku digunakan untuk sumber pemanasan dalam operasi pemasakan nira menjadi gyula. Tungku yang dirancang, menggunakan bahan bakar biomasa seperti batu bara, tempurung kelapa atau kayu bakar dan lain-lain. Tungku dilengkapi dengan blower untuk mempercepat suplai oksigen sehingga pembakaran bahan bakar dapat berlangsung dengan lebih baik.
EVAPORATOR
Evaporator yang digunakan adalah tipe Open Pan Evavorator. Tangki evaporator diletakkan diatas tungku sehingga api pemanas kontak langsung dengan dasar tangki evaporator. Evaporator berfiungsi untuk memanaskan dan mengeluarkan air dari nira yang akan dikentalkan. Evaporator dilengkapi dengan pengaduk dengan blade dari kayu. Blade kayu ditempatkan pada ujung pengaduk dengan kondisi yang dapat dinaik-turunkan sesuai dengan kebutuhan. Blade terbuat dari kayu jika perlu diganti petani dapat membuat sendiri di lokasi produksi.
POMPA TRANSFER
Pompa transfer digunakan untuk memindahkan bahan dari tempat satu ke tempat yang lainnya. Ada dua pompa transfer yang digunakan, yaitu :
Pompa pertama adalah pompa transfer untuk memindahkan nira yang telah dievaporasi dalam keadaan setengah proses (setengah kental) dan akan disimpan sementara untuk untuk diproses lagi pada kesempatan lain. Pompa ini adalah pompa gear, biasanya digunakan pada evaporator vakum untuk mengeluarkan produk gula hampir siap cetak. Pada evaporator tipe open pan evaporator pompa ini masih memungkinkan untuk digunakan sebagai pompa pengeluaran seperti itu, tetapi pada saat gula masih panas dan harus cepat. Setelah pemompaan selesai akhiri dengan memompa air panas, agar tidak terjadi kemacdetan. Bila operasi pemompaan terlambat memungkinkan terjadi pemadatan dalam pompa dan pipa, sehingan pompa menjadi macet. Jika terjadi pemadatan dan kemacetan dalam pompa, bukalah sambungan pipa dan kemudian pompa dan pipa direndam dengan air panas, tunggu sampai melumer. Setelah itu baru dipasang lagi.
Pompa kedua adalah pompa transfer nira digunakan untuk memindahkan nira dari tangki nira ke evaporator (sebagai pengimput evaporator). Selain itu, pompa ini berfungsi untuk memasukkan nira yang baru dating ke tangki nira. Pompa ini berfungsi juga untuk sirkulasi nira di tangki nira ke economizer dan kembali lagi ke trangki nira selama proases evaporasi di dalam evaporator berlangsung
EKONOMIZER
Ekonomizer adalah komponen alat yang digunakan untuk memanfaatkan gas buangan dalam cerobong yang masih panas untuk pemanasan nir. Ekonomizer adalah berupa alat pindah panas tipe tubular yang ditempatkan dalam cerobong asap. Selama operasi evaporasi dalam evaporator berlangsung, bahan baku nira dalam tangki disirkulasikan berulang-ulang dalam economizer dan nira dalam tangki menjadi panas. Dengan demikian, nira tidak akan menjadi asam walaupun pemasakan tertunda.
ALAT PENGEMAS
Alat pengemas yang digunakan adalah pengepres plastic yang tenaga pengepressannya menggunakan kaki. Untu mengepres plastic digunakan filament pemanas dengan energy listrik. Pebgepres plastic ini dapat diatur tingkat pemanasannya sesuai dengan ketebalan plastic.
INSTALASI ALAT
Instalasi komponen peralatan ekstraksi ini dilakukan dengan mengikuti rangkaian skema instalasi mesin produksi gula merah aren tipe open pan evaporator. Komponen peralatan ini semua dirancang secara knock down untuk memudahkan pengangkutan dan pemasangan.
Tungku ditempatkan pada dasar yang rata, kemudian tempatkan evaporator di bagian atas tungku. Pasang kaki penunjang dudukan pengaduk pada tungku dengan menggunakan baut. Kuncilah tangki evaporator ke kaki penunjang agar kondisi evaporator dan tungku stabil. Pasang motor pengaduk pada tempatnya, lalu pasang rantai untuk menghubungkan motor dengan pengaduk. Lalu tarik motor agar kondisi rantai cukup ketegangannya. Lalu tutup bagian atas rantai. Pasang blower pada bagian depan bawah tungku.
Selanjutnya, atangki nira di sambung dengan pompa transfer dengan menggunakan pemipaan.
Selanjutnya dari pompa transper dicabang dua, cabang pertama untuk dihubungkan dengan bagian bawah economizer dan cabang kedua dihubungkan dengan evaporator dari bagian atas untuk pengumpanan nira ke evaporator.
Dari economizer di bagian atas dihubungkan lagi dengan tangki nira untuk sirkulasi nira. Pompa transfer kedua dan pengemas/pengepres plastic, Foot Press, di pasang secara bebas. Selama instalasi perhatikan arah putaran motor pada pompa harus sesuai dengan arah yang ditetapkan terutama untuk arah putaran motor pompa transfer pertama yang menggunakan motor listrik 3 phase. Oleh karena itu perlu pengecekan putaran motor sebelum mulai mengoperasikan.
PERSIAPAN PENGOPERASIAN
Untuk mengoperasikan peralatan ini, bahan nira, bahan bakar dan energy listrik yang cukup harus telah tersedia.
Untuk menyiapkan operasi peralatan ini diperlukan daya listrik 3 phase, 50 Hz, 220/380 V dengan kebutuhan daya terpakai total sekitar 4500 watt (jika semua dipakai sekaligus). Daya tersedia biasanya 2 kali daya terpakai.
Siapkan bahan bakar biomasa yang kering dan baik. Bahan bakar biomasa bisa berupa briket batubara, tempurung kelapa, potongan kayu dan lain-lain.
Bersihkan tangki nira dan tangki evaporator, dan siapkan nira yang akan dimasak secukupnhya sesuai kapasitasnya.
CARA MENGOPERASIKAN ALAT
Untuk mengoperasikan alat ini ikuti langkah-langkah berikut ini :
 Pada kondisi awal, semua valve dalam kondisi tertutup.
Hidupkan listrik dengan menaikkan togel MCB atau menekan tombol Power di box control.
Pertama-tama masukkan nira ke dalam tangki dengan cara menumpahkan langsung ke dalam tangki atau dengan menggunakan pompa. Untuk memasukkan nira dengan pompa, gunanan selang dan sambungkan dengan ujung pipa input (dibawah/samping tangki), Lalu buka valve input dan valve sirkulasi lalu hidupkan pompa dengan cara menekan tombol pompa transfer/sirkulasi.
Lalu lakukan sirkulasi nira dengan menutup valve input dan membuka valve bawah tangki.
Isi evaporator dengan nira dengan cara membuka valve pengumpan sampai volume yang diharapkan. Tangki nira agar dipertahankan masih terdapat nira, jika tidak ada nira lagi, tangki dapat diisi dengan air dan selama pemasakan pompa sirkulasi terus dijalankan.
Nyalakan pengaduk dengan cara menekan tombol pada bok control.
Nyalakan tungu dengan cara buka tutup atas pengumpan bahan bakar, lalu bakar biomasa secara manual terlebih dahulu, hingga menyala dan terjadi bara api.
 Tutup bagian atas pengumpan bahan bakar dan tempatkan bahan bakar biomasa di atasnya.
Buka pintu depan tungku, lalu dorong bahan bakar dan bara api ke bagian dalam tungku. Tutup pintu depan tungku dan hidupkan blower.Untuk menambah bahan bakar, pertama matikan blower, lalu buka kembali pintu bagian atas hingga bahan bakar yang berada diatas dan sudah panas turun dan masuk ke dalam tungku.Ulangi point 9 dan 10 sampai operasi evaporasi/pemasakan nira selesai.
Setelah evaporasi selesai sesuai dengan tanda-tandanya, tuangkan bahan gula ke dalam cetakan dan biarkan sampai mengeras lalu keluarkan dari cetakan.
Gula yang sudah tercetak, dimasukkan ke dalam plastic dan rekatkan ujung plastic dengan pengepres plastic foot press.
Selanjutnya gula dalam plastic siap dijual.
Untuk mengosongkan evaporator dari bahan yang terutama masih bentuk cair, gunakan pompa transfer pertama dengan cara masukkan pipa fleksibel ke dalam evaporator hingga terendam, lalu hidupkan pompa dengan cara menekan tombol pompa transfer pada bok control.
Selanjutnya tampung bahan yang dipompa pada pipa pengeluaran pompa.
Seluruh komponen yang bersentuhan dengan bahan yang diolah terbuat dari stainless steel.
TANGKI NIRA
Tangki nira dengan volume 590 liter berfungsi untuk menampung sementara nira yang baru disadap sambil menunggu diproses lebih lanjut. Nira dalam tangki disirkulasikan dan dipanaskan dalam economizer yang berada di dalam cerobong asap. Dengan demikian, nira dalam tangki akan menjadi panas selama proses penguapan nira pada evaporator. Setelah selesai pemasakan nira dalam evaporator dan gula siap dicetak, nira dalam tangkipun sudah siap diolah lebih lanjut dalam dengan kondisi sudah panas. Dengan demikian pemguapan/pemasakan nira akan lebih cepat.
TUNGKU
Tungku digunakan untuk sumber pemanasan dalam operasi pemasakan nira menjadi gyula. Tungku yang dirancang, menggunakan bahan bakar biomasa seperti batu bara, tempurung kelapa atau kayu bakar dan lain-lain. Tungku dilengkapi dengan blower untuk mempercepat suplai oksigen sehingga pembakaran bahan bakar dapat berlangsung dengan lebih baik.
EVAPORATOR
Evaporator yang digunakan adalah tipe Open Pan Evavorator. Tangki evaporator diletakkan diatas tungku sehingga api pemanas kontak langsung dengan dasar tangki evaporator. Evaporator berfiungsi untuk memanaskan dan mengeluarkan air dari nira yang akan dikentalkan. Evaporator dilengkapi dengan pengaduk dengan blade dari kayu. Blade kayu ditempatkan pada ujung pengaduk dengan kondisi yang dapat dinaik-turunkan sesuai dengan kebutuhan. Blade terbuat dari kayu jika perlu diganti petani dapat membuat sendiri di lokasi produksi.
POMPA TRANSFER
Pompa transfer digunakan untuk memindahkan bahan dari tempat satu ke tempat yang lainnya. Ada dua pompa transfer yang digunakan, yaitu :
Pompa pertama adalah pompa transfer untuk memindahkan nira yang telah dievaporasi dalam keadaan setengah proses (setengah kental) dan akan disimpan sementara untuk untuk diproses lagi pada kesempatan lain. Pompa ini adalah pompa gear, biasanya digunakan pada evaporator vakum untuk mengeluarkan produk gula hampir siap cetak. Pada evaporator tipe open pan evaporator pompa ini masih memungkinkan untuk digunakan sebagai pompa pengeluaran seperti itu, tetapi pada saat gula masih panas dan harus cepat. Setelah pemompaan selesai akhiri dengan memompa air panas, agar tidak terjadi kemacdetan. Bila operasi pemompaan terlambat memungkinkan terjadi pemadatan dalam pompa dan pipa, sehingan pompa menjadi macet. Jika terjadi pemadatan dan kemacetan dalam pompa, bukalah sambungan pipa dan kemudian pompa dan pipa direndam dengan air panas, tunggu sampai melumer. Setelah itu baru dipasang lagi.
Pompa kedua adalah pompa transfer nira digunakan untuk memindahkan nira dari tangki nira ke evaporator (sebagai pengimput evaporator). Selain itu, pompa ini berfungsi untuk memasukkan nira yang baru dating ke tangki nira. Pompa ini berfungsi juga untuk sirkulasi nira di tangki nira ke economizer dan kembali lagi ke trangki nira selama proases evaporasi di dalam evaporator berlangsung
EKONOMIZER
Ekonomizer adalah komponen alat yang digunakan untuk memanfaatkan gas buangan dalam cerobong yang masih panas untuk pemanasan nir. Ekonomizer adalah berupa alat pindah panas tipe tubular yang ditempatkan dalam cerobong asap. Selama operasi evaporasi dalam evaporator berlangsung, bahan baku nira dalam tangki disirkulasikan berulang-ulang dalam economizer dan nira dalam tangki menjadi panas. Dengan demikian, nira tidak akan menjadi asam walaupun pemasakan tertunda.
ALAT PENGEMAS
Alat pengemas yang digunakan adalah pengepres plastic yang tenaga pengepressannya menggunakan kaki. Untu mengepres plastic digunakan filament pemanas dengan energy listrik. Pebgepres plastic ini dapat diatur tingkat pemanasannya sesuai dengan ketebalan plastic.
INSTALASI ALAT
Instalasi komponen peralatan ekstraksi ini dilakukan dengan mengikuti rangkaian skema instalasi mesin produksi gula merah aren tipe open pan evaporator. Komponen peralatan ini semua dirancang secara knock down untuk memudahkan pengangkutan dan pemasangan.
Tungku ditempatkan pada dasar yang rata, kemudian tempatkan evaporator di bagian atas tungku. Pasang kaki penunjang dudukan pengaduk pada tungku dengan menggunakan baut. Kuncilah tangki evaporator ke kaki penunjang agar kondisi evaporator dan tungku stabil. asang motor pengaduk pada tempatnya, lalu pasang rantai untuk menghubungkan motor dengan pengaduk. Lalu tarik motor agar kondisi rantai cukup ketegangannya. Lalu tutup bagian atas rantai. Pasang blower pada bagian depan bawah tungku.
Selanjutnya, atangki nira di sambung dengan pompa transfer dengan menggunakan pemipaan. Selanjutnya dari pompa transper dicabang dua, cabang pertama untuk dihubungkan dengan bagian bawah economizer dan cabang kedua dihubungkan dengan evaporator dari bagian atas untuk pengumpanan nira ke evaporator. Dari economizer di bagian atas dihubungkan lagi dengan tangki nira untuk sirkulasi nira. Pompa transfer kedua dan pengemas/pengepres plastic, Foot Press, di pasang secara bebas. Selama instalasi perhatikan arah putaran motor pada pompa harus sesuai dengan arah yang ditetapkan terutama untuk arah putaran motor pompa transfer pertama yang menggunakan motor listrik 3 phase. Oleh karena itu perlu pengecekan putaran motor sebelum mulai mengoperasikan.
PERSIAPAN PENGOPERASIAN
Untuk mengoperasikan peralatan ini, bahan nira, bahan bakar dan energy listrik yang cukup harus telah tersedia. Untuk menyiapkan operasi peralatan ini diperlukan daya listrik 3 phase, 50 Hz, 220/380 V dengan kebutuhan daya terpakai total sekitar 4500 watt (jika semua dipakai sekaligus). Daya tersedia biasanya 2 kali daya terpakai.
Siapkan bahan bakar biomasa yang kering dan baik. Bahan bakar biomasa bisa berupa briket batubara, tempurung kelapa, potongan kayu dan lain-lain.
Bersihkan tangki nira dan tangki evaporator, dan siapkan nira yang akan dimasak secukupnhya sesuai kapasitasnya.
CARA MENGOPERASIKAN ALAT
Untuk mengoperasikan alat ini ikuti langkah-langkah berikut ini :
ada kondisi awal, semua valve dalam kondisi tertutup.
Hidupkan listrik dengan menaikkan togel MCB atau menekan tombol Power di box control.
Pertama-tama masukkan nira ke dalam tangki dengan cara menumpahkan langsung ke dalam tangki atau dengan menggunakan pompa. Untuk memasukkan nira dengan pompa, gunanan selang dan sambungkan dengan ujung pipa input (dibawah/samping tangki), Lalu buka valve input dan valve sirkulasi lalu hidupkan pompa dengan cara menekan tombol pompa transfer/sirkulasi.
Lalu lakukan sirkulasi nira dengan menutup valve input dan membuka valve bawah tangki.
Isi evaporator dengan nira dengan cara membuka valve pengumpan sampai volume yang diharapkan. Tangki nira agar dipertahankan masih terdapat nira, jika tidak ada nira lagi, tangki dapat diisi dengan air dan selama pemasakan pompa sirkulasi terus dijalankan.
Nyalakan pengaduk dengan cara menekan tombol pada bok control.
Nyalakan tungu dengan cara buka tutup atas pengumpan bahan bakar, lalu bakar biomasa secara manual terlebih dahulu, hingga menyala dan terjadi bara api. Tutup bagian atas pengumpan bahan bakar dan tempatkan bahan bakar biomasa di atasnya. Buka pintu depan tungku, lalu dorong bahan bakar dan bara api ke bagian dalam tungku. Tutup pintu depan tungku dan hidupkan blower.
Untuk menambah bahan bakar, pertama matikan blower, lalu buka kembali pintu bagian atas hingga bahan bakar yang berada diatas dan sudah panas turun dan masuk ke dalam tungku. Ulangi point 9 dan 10 sampai operasi evaporasi/pemasakan nira selesai.
Setelah evaporasi selesai sesuai dengan tanda-tandanya, tuangkan bahan gula ke dalam cetakan dan biarkan sampai mengeras lalu keluarkan dari cetakan.
Gula yang sudah tercetak, dimasukkan ke dalam plastic dan rekatkan ujung plastic dengan pengepres plastic foot press. Selanjutnya gula dalam plastic siap dijual.
Untuk mengosongkan evaporator dari bahan yang terutama masih bentuk cair, gunakan pompa transfer pertama dengan cara masukkan pipa fleksibel ke dalam evaporator hingga terendam, lalu hidupkan pompa dengan cara menekan tombol pompa transfer pada bok control.
Selanjutnya tampung bahan yang dipompa pada pipa pengeluaran pompa.
Nah, dengan fakta di atas tentunya dengan produksi gula merah ini sangatlah menguntukan jadi bagi yang mau mencoba menikmati gula merah produksi ini dia harga gula mereh kami :
Jenis Gula                                Harga
Gula Merah Asli                      Rp 15.000,-/Kg
Gula Merah Semut                 Rp 20.000,-/Kemasan (85 gram)
Gula Merah cetakan               Rp 20.000,-/cetakan (batok)


Harga diatas langsung efektive per tanggal 1 januari 2017. Demikian Daftar harga gula merah terbaru yang kami jual kepada pelanggan kami khusus untuk Ritel. Dan bagi anda yang ingin memesan gula merah diatas 1 ton ( bagi agen ).
kami akan memberikan harga khusus ( harga joss ) kepada anda.
Hubungi kami di 085298944311 atau Fb: gula merah Makassar

Komentar

  1. Pagi..bolehkan kami bermitra sebagai pemasok gula aren dan gula semut..jk bisa hub.082122672401..an.abdul ma'bud..thanks

    BalasHapus
  2. The Best 777 Casino Hotel Slots - MapyRO
    777 Casino Hotel Slots - 통영 출장마사지 Las Vegas. 777 Casino Hotel is 통영 출장마사지 a high-end entertainment destination 보령 출장샵 with 성남 출장마사지 plenty of table 성남 출장마사지 games to choose from.

    BalasHapus

Posting Komentar